RAISING CRITICAL THINKERS

Anak sangat membutuhkan tumbuh kembang dimasa-masa mulai mengeksplor apa yang dilihat, dipegang dan dirasakan. Disaat anak sedang mengeksplor secara sadar maupun tidak otomatis sensor motoriknya akan memberikan sinyal-sinyal ke dalam otak si kecil. Oleh sebab itu berikan kebebasan anak untuk mengeksplor dalam hal yang positif dan bermanfaat.”

Tahun baru 2017 tepatnya tanggal 7 Januari 2017 saya awali dengan seminar yang sangat mengagumkan mengenai parenting “Open Ended Play BATITA & Raising Critical Thinkers” yang bertempat di “Pro V Clinic Holistic Health Care” daerah Permata Hijau. Kliniknya sangat nyaman, aman dan bersih sangat recomended buat Holistic Health.

Dalam mengetahui tumbuh kembangnya anak perlu diperhatikan beberapa hal berikut untuk mengembangkan Open-Ended Play anak.

1. Critical Thinking Skill Merupakan kemampuan untuk menganalisa dan mengevaluasi informasi melalui observasi, pengalaman atau komunikasi. Dalam hal ini anak sangat perlu bermain guna untuk mengasah critical thinking skills bahwa sesungguhnya dunia anak adalah bermain, bermain dan bermain. Sebagai orangtua terkadang semua masalah yang anak hadapi bisa diselesaikan dengan baik. Namun dalam melatih skills anak jangan pernah menyelesaikan masalah anak. Sebagai orangtua harus memberikan waktu supaya anak memikirkan jalan keluarnya dan cara menyelesaikan suatu masalah. Oleh sebab itu orangtua harus hargai usaha anak ketika anak sudah mencoba memecahkan suatu masalah.

It is OK to make Mistakes or Fail, sangatlah penting untuk anak belajar dari kesalahan mereka untuk membangun resiliency (kemampuan untuk bangkit dari suatu kegagalan). Ketika anak belajar dari kegagalan, pada saat mereka dewasa nanti akan menjadi pribadi yang happy, capable, sukses dan paling penting percaya diri.

Membantu anak untuk berpikir secara inovatif dan kreatif adalah dengan menerapkan tidak ada cara pikir salah atau benar. Dengan memperbolehkan anak untuk berpikir cara berbeda, orangtua harus mendukung untuk bisa menyelesaikan suatu masalah dengan kreatif. Ketika anak membuat salah sebagai orangtua harus memberikan petunjuk refleksi dari kesalahan anak daripada berteriak-teriak menyuruh anak untuk membenarkan kesalahan tersebut.

2. Open Ended Play

Merupakan memberikan waktu sebanyak-banyaknya untuk explorasi, eksperimen, membuat dan melakukan ulang. Open Ended Play ini sangat bermanfaat bagi edukasi anak yaitu :

~ Meningkatkan daya imajinasi.

~ Meningkatkan kemampuan berpikir secara simbolis dan abstrak.

~ Membangun kreatifitas dan kecerdasan.

~ Meningkatkan keterampilan kognitif.

~ Meningkatkan kemampuan sosial dan emosional (empati).

~ Keterampilan dalam memecahkan masalah.

Sebagai orangtua harus lebih kreatif dalam memberikan edukasi permainan terhadap anak. Tidak perlu harus jalan ke mall untuk bermain karena belum tentu terjamin kebersihannya. Cukup melakukannya dirumah supaya anak bisa lebih mengeksplore open ended play dan sudah terjamin kebersihannya.


Pro V Clinic Holistic Health Care ini terdapat enam perawatan yaitu :
1. Hypno – Birthing

2. Plaquex Therapy

3. Neuro – Tendo Stimulasi (NTS)

4. Relaksasi

5. Photo Aura

6. Ozon Therapy

Namun dalam seminar ini saya sangat tertarik dengan Hypno Birthing dan sempat berbincang-bincang dengan Ibu Lanny Kuswandi merupakan seorang Clinical Hypnotherapist memberika pemaparan tentang hypno tersebut.

Hypno-Birthing merupakan upaya untuk meningkatkan ketenangan selama hamil, proses melahirkan dan masa nifas. Kehamilan merupakan sebuah reaksi berantai yang sangat mengagumkan dan membentuk ikatan seumur hidup yang takkan terlepaskan. Dasar kesehatan manusia diawali sejak dalam kandungan. Selain nutrisi, janin juga memerlukan getaran ketenangan dan kedamaian.

Adapun manfaat relaksasi dan hypno-birthing.

1. Untuk Ibu

  • Mengatasi reaksi-reaksi perubahan dari dalam pada saat kehamilan seperti mual, muntah dan pusing.
  • Mengatasi prenatal anxiety (kecemasan selama kehamilan) dan meningkatkan ketenangan jiwa.
  • Menghadapi persalinan dengan tenang sehingga proses lebih lancar.
  • Mempercepat masa pronatal recovery dan mencegah pronatal depression.

2. Untuk Janin

  • Getaran tenang & damai akan dirasakan oleh janin yang merupakan dasar dari perkembangan jiwa.
  • Pertumbuhan janin lebih sehat karena keadaan tenang akan memberikan hormon-hormon yang seimbang ke janin lewat placenta.

Tumbuh kembang anak dan janin sangat penting sekali buat bekal masa depan anak. Dukung pertumbuhan anak dan kreatifitasnya.
Terima kasih,

Tika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s