Katakan NO HOAX!!! Untuk Mitos dan Fakta seputar Kehamilan & Anak

​Pada dasarnya semua wanita sangat menginginkan terjadinya kehamilan termasuk saya. Ada perasaan bergejolak campur aduk ketika sebuah janin tumbuh dalam rahim. Rasa bahagia itu sudah sangat pasti, namun dibalik itu ada rasa kekhawatiran. Karena adanya HOAX,  Mitos dan Fakta seputar Kehamilan yang sudah menjadi tradisi dari nenek moyang. 

“Hal ini juga pernah saya rasakan ketika janin itu tumbuh dalam rahim selama empat minggu. Namun tidak terjadi perkembangan akhirnya keguguran karena terlalu lelah dan capek dengan rutinitas kantor. Disamping itu saya juga terlalu menjaga pola makan ini boleh dan makan itu tidak boleh”.

Oleh sebab itu saya dan teman blogger sangat antusias untuk hadir mengikuti talkshow Obrolan Langsat (Obsat) Seputar Mitos dan Fakta Kehamilan dan Anak yang saat ini sudah banyak HOAX tentang kehamilan bersama Beritagar.id. Bertempat di Beranda Kitchen Kebayoran Jakarta Selatan, 23 Februari 2017 yang diselengarakan oleh Mayapada Hospital bersama nara sumber yang sudah mumpuni dalam bidangnya. Meskipun cuaca tidak mendukung tapi saya tetap pergi dan mengikuti sampai acara selesai.

       

Dr. Yuslam Edi Fidianto, SpOG sebagai pakar kesehatan Obstetri Ginekologi Mayapada Hospital tentang kehamilan sudah menjadi pekerjaan utama setiap hari dengan gaya vulgar namun santai menjelaskan seputar kehamilan. Penuturan dokter gaul ini sangat membuka pola pikir saya tentang Mitos dan Fakta Kehamilan. 

“Sedikit cerita tentang pengalaman saya dalam menjalani program hamil. Tahun pertama saya sangat santai dengan keinginan untuk memiliki anak saya tidak ada kata untuk menunda kehamilan dan sekalipun tidak pernah berkunjung menemui dokter kandungan, meskipun produktifitas karir saya pada saat itu sedang melambung. Pekerjaan saya memiliki resiko terhadap pikiran dan fisik sebagai seorang programmer yang terkadang pulang subuh hingga pagi. Namun saya tidak menghiraukan dan memikirkan tentang rahim.

~~~

Masih teringat jelas dalam benak saya di bulan Februari 2014 ada janin dalam rahim tapi saya tidak peka. Hal itu terjadi ketika sepulang kerja jam 10 malam saya berbenah hendak mandi maaf kata saya buang kecil dan yang keluar adalah darah segar yang banyak. Saya spontan kaget histeris atas kejadian itu sampai suami saya melihat kejadian tersebut. Saya langsung kerumah sakit terdekat diperiksa berbagai prosedur akhirnya dokter mengatakan bahwa saya mengandung 4 minggu namun sudah meluruh keluar karena akibat terlalu capek dan kurang istirahat memperhatikan kondisi tubuh. Saya sangat menyesal atas kejadian itu merupakan cambuk pelajaran. 

~~~

Tahun kedua dan tahun ketiga terutama saya sangat rajin mengunjungi dokter bahkan sampai berkali-kali ganti dokter mengikuti saran rekomendasi keluarga dan teman bahkan saya sampai mengikuti physioteraphi. Secara medis kesehatan dan kandungan saya sehat dan rahim bagus serta sel telur dalam keadaan baik. Semua peraturan tips dan trik supaya cepat hamil pun saya lakukan namun sampai saat ini tidak menghasilkan. Sampai saya minta pindah divisi dikantor untuk lebih aware dengan kesehatan. Akhirnya saya menyerah terhadap dunia medis dan berusaha menjalani hidup sehat sampai saat ini dan hanya berserah pada waktu pemberian Tuhan saja”.


Rahne Putri dengan style santai seorang Blogger & Influencer dengan masukan pamungkasnya mengenai berita yang sangat mengganggu dunia secara media sosial maupun internet. Apalagi saat ini banyak sekali berita-berita tidak valid benar sumber dan akar kronologisnya.


Artis Kinaryosih yang berparas cantik saat ini sedang hamil kedua 7 bulan sebelumnya sudah memiliki anak berusia 8 tahun. Pengalamannya selama masa kehamilan anak pertama dan kedua ini pernah mengalami dan melakukan mitos dan fakta saat hamil tentunya karena saran orang terdekat. Namun sampai sekarang hamil yang kedua tetap bahagia dan selalu percaya fakta. 


Kartika Susanti seorang pakar anti Hoax dari MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) dengan tegas mengatakan jangan mudah dan cepat terpengaruh atas berita-berita yang tidak jelas sumbernya.

     

Lantas, apa saja sih Mitos dan Fakta seputar Kehamilan yang dibahas dan dijelaskan oleh Dr. Yuslam Edi Fidianto, SpOG?. Berikut beberapa penjelasan dokter Yuslam yang menjadi bahan pertimbangan buat saya.

1. Mitosnya : Ibu hamil harus mengkonsumsi susu khusus ibu hamil. 

Faktanya : Tidak harus mengkonsumsi karena kita orang Indonesia tidak memiliki budaya ke barat-baratan. Jika terlalu banyak mengkonsumsi mengandung kalori, lemak, karbohidrat mengakibatkan janin sangat besar susah untuk melahirkan. 

2. Mitosnya : Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi olahan makanan dari kambing. 

Faktanya : Boleh saja mengkonsumsi namun jangan banyak dan terlalu sering. Jika kelebihan menyantap daging kambing dengan porsi yang banyak ataupun sering.

3. Mitosnya : Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi minuman berkafein.

Faktanya : Mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak bisa menyebabkan gangguan emosi, kegelisahan dan sulit tidur, juga bayi lahir dengan bobot kurang dari normal. Oleh karenanya, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menghindari kafein.

4. Mitosnya : Ibu hamil harus makan dua kali lipat porsi normal.

Faktanya : Kebutuhan kalori ibu hamil memang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Namun, tidak berarti ibu harus makan dua kali lebih banyak dari sebelum hamil. Yang paling penting adalah makan dengan menu bergizi lengkap dan seimbang. Kelebihan berat badan di saat hamil hanya akan memicu masalah kehamilan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan pre-eklampsia.

5. Mitosnya : Mengkonsumsi air kelapa muda membuat janin putih dan rambut lebat serta kulitnya bersih. 

 Faktanya : Sebagian orang pasti mempercayai mitos ini. Terlalu sering mengkonsumsi air kelapa muda pada saat hamil sangat tidak dianjurkan. Air kelapa muda memang sangat bagus bagi ibu hamil mengandung kalium dan elektrolit tinggi supaya tidak dehidrasi namun tidak ada kaitannya dengan janin. 

6. Mitosnya : Disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji dan menggunakan MSG.

Faktanya : Makanan yang mengandung MSG itu sedikit dibutuhkan untuk mengatur kinerja otak. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi jangka panjang atau terlalu sering. Jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak akan mengakibatkan kanker.

Nah, masih banyak lagi mitos dan fakta tentang kehamilan yang masih turun temurun dari nenek moyang dan masih ada diantara kita yang kadang melakukannya. Supaya lebih yakin mana yang menjadi Do or Does dalam masa kehamilan silahkan kunjungi Mayapada Hospital Lebak Bulus,  Mayapada Hospital Tangerang dan Mayapada Healthcare Group siap melayani dan memberikan semua informasi fakta tentang kehamilan. Rekomendasi banget buat wanita hamil apalagi ada Healthcarenya. 

Semakin berkembang dunia teknologi berita hoax pun berkembang. Karena dijaman era reformasi ini kita semakin gampang dihasut dan diprovokatori oleh berita dan informasi palsu sekalipun sumbernya tidak jelas. 
Menurut Kartika Susanti saat ini sangat banyak kanal-kanal yang menyebarkan berita hoax terutama tentang kehamilan. Oleh sebab itu supaya kita tidak tertipu dengan pemberitaan hoax tersebut MAFINDO memiliki 6P untuk mendeteksi valid or invalid informasi tersebut.

  1. Perhatikan Hati. Terkadang disaat hati kita lagi down sangat mudah membenarkan berita hoax. Mari kita jaga hati supaya tidak tergoda dengan berita hoax.
  2. Potong Rantai. Jika informasi tersebut adalah hoax usahakan kita tidak menyebarkan kepada orang lain.
  3. Periksa Sumber. Sebelum mempercayai informasi tersebut terlebih dahulu kroscek sumbernya.
  4. Periksa Situs. Kroscek semua kanal-kanal yang terkait.
  5. Pakai Akal Sehat. Apabila informasi tersebut tidak memiliki sumber yang jelas sudahi saja untuk mencari tahu hoax tersebut.
  6. Perhatikan Informasi. Kita harus menelaah dari mana informasi itu apakah dari orang yang mengerti dan paham mengenai informasi tersebut.

      

Wah, sangal jelas dan cukup lengkap ya bekal kita untuk mengetahui informasi itu benar atau hanya hoax semata terutama tentang Mitos dan Fakta seputar Kehamilan dan Anak. Mudah-mudahan melalui Obrolan Langsat (OBSAT) ini kita semakin memahami tentang kehamilan mana mitos dan fakta. Tetap dan perlu diingat bahwa kita adalah masyarakat yang modern dan bijak, maka dari itu kita manfaatkan ilmu ini untuk katakan STOP dan TIDAK untuk HOAX.

#MayapadaHospitalLebakBulus

#MayapadaHospitalTangerang

#MayapadaHospitalHealthCareGroup

#MitosKehamilan

#Obsat

5 thoughts on “Katakan NO HOAX!!! Untuk Mitos dan Fakta seputar Kehamilan & Anak

    • Dear Mba Melinda,

      Minta doanya ya Mba… Amin semoga segera diberikan berkat itu.
      Aku juga kadang mengingat kejadian itu.

      Tapi melalui tulisan ini Aku semakin dikuatkan dan menang blog competition melalui tulisan ini.

      Yes…!!! Harus sehat selalu. Mba dan keluarga juga sehat selalu ya.

      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Suka

Tinggalkan Balasan

