Siapa sebenarnya Personal Branding yang menjadikan Uniq Selling Point Anda? ; CNI Indonesia punya Branding lho!

Jakarta Selatan, 26 Maret 2017

Personal Branding sangat sering saya dengar dua bulan terakhir ini. Sangat marak diperbincangkan dalam dunia blogger tentang Personal Branding. Sebenarnya apakah Personal Branding dan apa manfaatnya buat seorang blogger. Bertempat di franchise Burger King area Kuningan Rasuna Said diadakan Blogger Gathering bersama CNI Indonesia dan ISB dengan tema “Branding In The Digital Age”.

Era serba digital sekarang ini pasti sudah mengenal gerai CNI Indonesia yang sudah sangat lama menelusuri dunia pemasaran produk. Ternyata CNI Indonesia sendiri memiliki Personal Branding dalam dunia pemasaran yaitu Hebat Produknya Hebat Bisnisnya seperti dikenal dengan menggunakan bahan-bahan hernal dan alami dalam semua produk. Nah, seperti apa sebenarnya Personal Branding tersebut berikut penuturannya.


1. Membangun Branding Melalui Website oleh Vincent (Founder helofranchise.com)

Menurut Vincent ada dua media yang memperkuat personal branding kita yaitu Website dan Blog. Website merupakan sebuah media atau alat komunikasi yang ampuh membangun kredibilitas. Termasuk CNI Indonesia melalui website melakukan dan meningkatkan brandingnya dengan cara promosi branding. Sedangkan Blog merupakan berupa website yang menampilkan konten berupa tulisan yang otentik sesuai dengan tema tulisan.

Kenapa membangun Personal Branding melalui website sangat diperlukan, karena melalui website kita akan dikenal orang seperti apa dan branding menggambarkan pribadi kita. Dalam membuat website terlebih dahulu kita mengetahui komponen apa saja yang diperlukan seperti :

  • Konten. Konten adalah kata kunci dari web atau tulisan kita baik itu berupa berita maupun produk. Jika dalam segi berita pasti yang sangat ditonjolkan adalah judul dan tanggal pembuatan berita tersebut. Kalau dalam segi produk gambar dan harga yang menjadi point utama. Konten sangat berdampak besar dalam tulisan bisa dikatakan bahwa konten adalah pondasi tulisan maupun website.
  • Fitur. Dalam website fitur sangat penting karena menjadi guidance buat penikmat tulisan kita. Apabila website kita tidak memiliki fitur pembaca akan malas berinteraksi. Fitur juga berguna untuk memperindah website ada keunikan tersendiri.
  • Design. Design sangat berpengaruh terhadap pembaca, jika design website kita tidak user friendly maka pembaca akan kesulitan berinteraksi yang berpengaruh terhadap material design dan bootstrap.
  • Layout. Layout merupakan hasil representasi tulisan dan keunikan dari website kita. Usahakan layout website kita user interface, user experience dan user journey. Gunakanlah layout sesuai dengan personal branding kita.
  • Performa. Secara design dan layout yang sangat dibutuhkan dalam menarik minat pembaca berkunjung ke website kita adalah Performa. Kita harus sesering mungkin mengupdate tulisan kita supaya para pembaca tetap intens dan selalu penasaran terhadap tulisan apa yang terupdate dalam website kita.

Nah, sangat berpengaruh sekali Personal Branding dan Konten Plan dalam website kita harus bisa membuat pembaca semakin penasaran dan terus berinteraksi dalam tulisan.

2. Strategi Personal Branding Sosial Media oleh Dewi K Rahmayanti (Social Media Consultant)

Kenapa kita sangat memerlukan branding dalam media sosial?. Hal ini sangat perlu karena jaman sekarang media sosial sudah menjadi sarana kepingin tahuan tentang pribadi seseorang bagaimana kesehariannya di dunia media sosial.

Sebagai contoh teknologi situs pencari kerja sebuah instansi sebelum melakukan  panggilan interview terlebih dahulu stalking tentang media sosial sesuai dengan bidang yang akan di apply apakah media sosial kita selalu marah-marah, relevan iron, update trend. Hal ini sangat membuktikan bahwa orang lain bisa mengetahui brand kita melalui update media sosial. Kita ingin dikenal sebagai apa brand kita apa dalam dunia nyata maupun media sosial berikut cara untuk membangun sebuah personal branding ada 4 hal yaitu :

  • Cerita (Story) dimulai dengan masalah, solusi dan jawabannya.
  • Tujuan brand atau objektif memasarkan brand.
  • Mengetahui target audiance dari brand kita.
  • Media Sosial yang cocok buat kita berdasarkan apa yang kita update di media sosial.

Melalui story telling dan uniq selling point personal branding yang kita miliki hal yang membedakan kita dengan orang lain. Begitu juga dalam bermedia sosial upayakan akun media sosial kita semua sama hindari pemakaian nama alias yang berbeda-beda.

Setelah mengetahui story dan menentukan goal personal branding kita dikenal dan diketahui tujuan objek yang konsisten. Kita membutuhkan beberapa tahun dalam membentuk Personal Branding Uniq Selling Point karena sangat tidak mudah dalam berinteraksi dengan orang lain untuk mengenal branding kita.

Kita harus tetap konsisten update dalam media sosial terutama dengan branding personal mengupdate blog. Apalagi update trend apa sekarang ini dan jadikan media sosial sebagai “Story Telling”. Kita harus selalu konsisten. Konten di media sosial sangat penting dalam membangun branding personal karena melalui konten tersebut target mengenal kita. Kalau kita mempersiapkan branding dari awal target dan goalnya akan mempercepat waktu yang akan kita butuhkan.

Jika kita memposting sebuah berita atau issue terupdate bisa membuat statement namun terlebih dahulu kita memiliki referensi googling dahulu. Hal ini menyangkut reputsai kita jangan sampai berita tersebut berujung hoax, oleh sebab itu kita telusuri terlebih dahulu situs berita tersebut. Breaking news livetweet dan livegram merupakan sebuah point line dalam menulis sertakan judul yang menarik dalam tulisan. Usahakan memberitakan informasi dimana followers tidak mengetahui informasi tersebut maka kita akan mendapatkan value.
Mendongkrak branding personal bisa dilakukan dengan menggunakan Hashtag. Dalam penggunaan hashtag gunakanlan yang unik supaya acara kita diketahui orang lain contohnya #ExploreCNI. Usahakan penggunaan hashtag jangan terlalu panjang dan jangan sampai hashtag tersebut sudah pernah dipakai oleh orang lain.

Saat kapankah kita perlu mengupdate blog kita, usahakan minimal 2-3 kali seminggu untuk meningkatkan personal branding dan value kita. Melalui tulisan kita objek target pasti akan menunggu dan menanti update-an tulisan kita. Bagaimana cara kita mengcounter berita negatif?. Usahakan kita harus bisa meredam dan memastikan berita yang valid. Kita juga harus memiliki referensi dan data pendukung berita tersebut. Bagaimana menyikapi komen-komen yang negatif, usahakan kita mengontrol memberikan komentar yang sopan dan tidak frontal. Tetap kejujuran paling nomor satu dalam memberikan komentar.

Nah, bagaimana apakah kita sudah bisa bisa menentukan Personal Branding saat ini?. Mudah-mudahan melalui TalkShow “Branding In The Digital Age” kita dapat menentukan mana yang menjadi Personal Branding dan Branding Uniq Selling Point kita.

Terima Kasih,

Tika Samosir

IG : @tikasamosir07

Twitter : @Tika54

Email : tika.samosir07@gmail.com

No.hp : +6285886386569

Iklan

10 thoughts on “Siapa sebenarnya Personal Branding yang menjadikan Uniq Selling Point Anda? ; CNI Indonesia punya Branding lho!

    • Dear Mba Ipeh Alena,

      Betul sekali Mba Ipeh kita harus bisa menciptakan branding kita sendiri. Melalui branding itu kita akan dikenal orang apalagi pembaca tulisan kita.

      Terima kasih,
      Tika

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s