Siapkan Masa Depan Cerah Anda bersama Mandiri Edukasi 2017

KEUANGAN, semua orang dewasa pasti sudah bisa mendefenisikan apakah makna keuangan yang mengarah kepada management asset. Memang benar adanya bahwa langkah kaki kita ditentukan oleh uang. Selangkah dari rumah kita pasti membutuhkan uang untuk berbagai macam kebutuhan. Uang bisa berdampak positif dan bisa berdampak negatif bagi kita, sebagai contoh :

Jika kita memiliki uang lebih setiap bulannya (sudah dikurangi semua biaya hidup) untuk dampak positifnya kita bisa mengalokasikan ke bisnis, investasi dan berbagai bentuk untuk dikembangkan. Tetapi dalam sisi negatifnya uang tersebut bisa raib habis sekejab apabila kita menggunakannya ke hal-hal yang tidak penting seperti shopping, hura-hura dan akan mengakibatkan keuangan kita tidak terkontrol yang tersisa hanya penyesalan.

Mandiri Edukasi 2017 akan memberikan manfaat besar kepada kita dalam mengelola keuangan dan bagaimana cara membuat uang itu bernilai lebih. Summarecon Mall Bekasi, 15 April 2017 menjadi tempat bincang-bincang santai membahas tentang Mandiri Edukasi 2017 bertempat di satu tenant Excelso. Edukasi keuangan kali ini akan opened mind tentang bagaimana Perencanaan Keuangan dan memperlakukan uang tersebut dalam jangka panjang selain menabung tentu kita memikirkan investasi. 

TalkShow Mandiri Edukasi kali ini sangat seru dipandu oleh MC yang kocak dan keren. Mas Tommy Prabowo dengan ciri khas kepala seksi akan menghibur peserta Mandiri Edukasi Perencanaan Keuangan 2017.


Mandiri Edukasi 2017 sudah menyelenggarakan Edukasi Perencanaan Keuangan di kota Aceh, Jakarta dan saat ini di Bekasi. Serta merta akan melanjutkan edukasi ini ke beberapa kota lainnya seperti Surabaya, Jogyakarta, Cirebon dan Ternate yang bermanfaat dan memiliki kinerja dukungan penuh terhadap masyarakat melek pentingnya berinvestasi sejak dini dan berhasil mengelola keuangan tiap bulannya. 


Mandiri Edukasi 2017 Perencanaan Keuangan akan dibuka sambutan oleh Ibu Nita Oktaviani selaku Assistant Vice President Bank Mandiri, beliau mengatakan bahwa “Mari kita kelola keuangan kita dengan baik yang lebih positif dan memberikan keuntungan penuh”. Terutama kepada Ibu-ibu Rumah Tangga sebagai menteri keuangan dalam keluarga. Saya juga merasakan bagaimana cara mengelola keuangan keluarga.

Selain mendapatkan ilmu perencanaan keuangan, kita akan menikmati sajian sedap CookingDemo dari Chef Lucky pemenang Master Chef RCTI beberapa tahun lalu. Chef Lucky akan memberikan kudapan nikmat dengan dua menu yaitu Banana Colada dan Beef Moroccan Soup. Alasan Chef Lucky memilih menu masakan ini karena masakan praktis, sehat dan sudah pasti enak. Tidak perlu khawatir kedua menu ini semua bahan-bahannya ada di super market jadi kita bisa coba dirumah.

Banana Colada

Banana Colada Chef Lucky

Beef Moroccan Soup


Bapak Moldi selaku Head of Corporate Bank Mandiri mengatakan bahwa “Selalu konsisten membuat laporan keuangan rumah tangga”. Karena dengan perencanaan keuangan tersebut kita bisa mengetahui dan mengatur seberapa besar uang yang mau di investasikan dan menghadapi masa depan dengan lebih baik. Bapak Moldi dalam kesempatan ini akan memberikan 5 kunci sukses mengelola perencanaan keuangan.


1. Membuat Laporan Keuangan Keluarga. Ada 2 macam yaitu :

Arus Kas adalah laporan keuangan yang berisi aliran kas masuk dan kas keluar dalam periode tertentu. Dalam pembuatan laporan perencanaan keuangan ini kita harus jujur berapa pemasukan dan berapa pengeluaran. Nah, dalam mengatur keuangan bedakan antara keinginan dan kebutuhan mana yang menjadi prioritas. 

Neraca adalah laporan yang berisi yang berisi kondisi kekayaan (asset dan kewajiban) dalam periode tertentu. Kita akan bisa menghitung seberapa besar kekayaan per periode tertentu.
2. Proteksi Asset Anda. Megelola resiko berbanding lurus dengan mengelola kerugian financial. Kita harus memproteksi keluarga baik itu asuransi jiwa dan kesehatan, memproteksi asset seperti properti dan kendaraan dan investasi.
3. Mulailah Berinvestasi. Nah, dalam berinvestasi kita harus tahu dan mengerti terlebih dahulu tujuan investasi misalnya investasi untuk beli rumah. Setelah berinvestasi tetapkan jangka waktunya untuk mencapai tujuan. Apa yang menjadi profil risiko setelah berinvestasi, bentuk alokasi investasi apa yang kita inginkan dan tinjaulah perkembangan investasi guna mengetahui goal dari investasi kita.
4. Persiapan Dana Darurat. Selain kebutuhan rutinitas setiap bulan kita pasti akan mengalami yang namanya kebutuhan mendadak atau pengeluaran tidak terduga seperti biaya berobat, musibah, terjadinya pengangguran dan biaya service atau kerusakan elektronik rumah tangga.
5. Bijak dalam Berhutang. Kita jangan pernah terkecoh dengan informasi yang membuat kita ingin berhutang.

  • Sebelum berhutang kita pikirkan dengan baik apakah perlu berhutang. 
  • Sebelum tergoda dengan sale-sale di mall periksa kembali kemampuan membayar.
  • Pahami dan kenali jenis-jenis hutang sebelum berhutang.

Nah, jadikan masa depan happy didalam genggaman tangan kita untuk mengelola keuangan lebih bijak lagi. Mandiri Edukasi 2017 sangat inspiratif dan memberikan pelajaran tentang Perencanaan Keuangan. Semoga investasi menjadi jalan keluar terbaik buat kita untuk masa depan cerah.

#MandiriEdukasi

Terima kasih, 

Tika Samosir

*****************************************

Email : tika.samosir07@gmail.com

FB : Tika Samosir

IG : @tikasamosir07

Twitter : @Tika54

Iklan

8 thoughts on “Siapkan Masa Depan Cerah Anda bersama Mandiri Edukasi 2017

    • Dear Mba Andini,

      Iya Bu… Kita sebagai wanita harus pintar mengelola keuangan.
      Jangan seperti pepatah Lebih besar Pasak daripada Tiang.

      Semoga bermanfaat ya informasinya.

      Terima Kasih,
      Tika Samosir

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s