Optimalisasi Search Content vs Social Content dan Youtubers Content Menjadi Branding Anda

​Jakarta Selatan, 28 Mei 2017

Perkembangan dunia digital berupa media, blog, komunikasi dan informasi saat ini sedang hingar bingar membicarakan tentang Search Content dan Social Content melalui content maupun video youtube. Masih terngiang di ingatan tentang branding yang memberikan value signifikan untuk peningkatan menulis.


Mas Gusti Alendra selaku Digital Marketing CNI mengatakan issue tentang CNI wacana yang beredar saat ini di masyarakat apakah #CNIMasihAda mengingat umur sudah 31 tahun bersama Indonesia memberikan brand-brand produk yang sangat berkualitas baik hingga saat ini. PT.Citra Nusa Indah (CNI) Cemerlang berdiri di Kota Bandung tahun 1986 yang didirikan oleh empat orang Indonesia yang berbasis bisnis multi marketing memiliki cabang diberbagai negara terutama di Indonesia. Saat ini CNI sudah mengembangkan bisnisnya melalui gadget cara pemesanan produk CNI yang sangat memudahkan para customer tetap bergandengan erat dengan CNI.

Teh Ani Berta selaku Founder Indonesia Social Blogpreneur (ISB) mengatakan bahwa workshop yang diselenggarakan oleh CNI setiap minimal dua bulan sekali sangat bermanfaat berbagi ilmu pendekatan ke content tulisan. Worksop kali ini membahas tentang Search Content vs Social Content dan Optimasi Youtuber yang saat ini masih sangat langka diadakan. ISB akan semakin merangkul anggotanya dalam memperbanyak workshop branding content.
Optimasi Search Content vs Social Content oleh Mas Nico Riansyah selaku Digital Marketing Spesialis CNI



Sebagai seorang Digital Marketing Spesialis Mas Nico harus selalu uptodate dalam media sosial CNI ataupun periklan di google advertising. 

Content adalah sebuah media berupa tulisan dan informasi digital yang berkualitas sangat dibutuhkan pembaca dengan visualisai teknik media yang bagus, fun, visual dan informatif. 

Kita sebagai penulis sangat menginginkan content yang sudah ditulis saat search di Google muncul content tersebut dihalaman pertama. Sangat tidak mudah jika content kita menghasilkan ribuan viewers, perlu melakukan share link dan promosi tulisan kita di media sosial. Seberapa bagus kita membuat content belum tentu banyak orang membacanya, hal ini disebabkan oleh Positioning Content yang mengacu pada Search Content vs Social Content strategi digital marketing dua hal yang sangat berbeda. Ternyata kita harus bisa membedakan apakah content kita termasuk Search Content atau Social Content.
1. Search Content 

Search Content adalah strategi pencarian informasi yang bermanfaat berupa content menunjang kebutuhan seseorang. Search content lebih ke e-commerce to the point konversi untuk transaksi. Bagaimana caranya supaya content kita berada di halaman utama google?

  • Product page
  • Home page 
  • About us
  • Faq and Comment
  • Evergreen BlogPosts

Bagaimana caranya kita membuat produk page SEO, keywordsnya dan description pencariannya. Apabila search google sudah mengenal content maka otomatis google. Ada 3 hal kenapa seseorang mencari informasi di google.

  • Navigational yang bagus loadingnya cepat dan responsive terhadap visitor supaya content kita sering dikunjungi. Harus memberikan full service komunikatif terhadap visitor supaya content kita mendapatkan views page yang bagus.
  • Informational yang uptodate, content yang memberikan informasi jelas kepada visitor. Terlepas dari content seperti apa yang visitor cari dan kita bisa memberikan informasi tersebut.
  • Transactional lebih ke website e-commerce bagaimana cara memberikan pelayanan kepada visitor kita memberikan informasi yang jelas.

Selain 3 hal tersebut sangat perlu diperhatikan untuk kecepatan blog kita menampilkan content bisa diakses dibawah 5 detik karena pengaksesannya rata-rata di smartphone. Jika loading tampilannya lama dan template yang terlalu rame visitor akan malas berkunjung ke blog kita. Sebaiknya kita membuat content menarik minat baca visitor yang bermanfaat, enak dibaca dan informative.

2. Social Content 

Social Content adalah strategi menawarkan informasi bagus di media sosial. Social Content berhubungan dengan media sosial beragam platform facebook, twitter, LinkedIn, instagram, youtube dan lain sebagainya yang berbeda-beda mekanismenya menawarkan informasi. Bagaimana caranya kita menawarkan informasi di social content apabila visitor tertarik dengan content tersebut mereka akan like dan share. Social media lebih ke wireless bagaimana kita membuat content yang banyak impression banyak dilihat orang. 

Sebagai contoh foto selfie kita disalah satu tempat wisata yang menghasilkan media foto yang sangat bagus dipandang oleh orang lain dan membuat rasa penasaran sehingga visitor like dan share. Dalam media sosial juga sangat penting kata kunci supaya tulisan kita dikenal oleh orang lain dan benar-benar dibaca. Jika perlu dapat menggunakan Google Analytic untuk mengetahui conten mana saja yang sangat banyak page viewersnya dan komen visitor. Search Content adalah sebagian besar dari social content dimana apa yang kita jabarkan di search content itu cakupannya pada social content yang berlaku pada semua ulasan blog apapun platformnya.

Optimasi Content Youtube menjadi Video yang Bermanfaat oleh Yonna Kairupan founder Indonesia Female Bloggers (IFB)


Youtube sedang happening dalam dunia VLog dan VBlog. Saya pernah membuat video Woman Safety Rides untuk memberikan informasi serta aksi cara aman wanita berkendara. Ternyata sangat capek dan benar-benar membutuhkan ekstra tenaga dan waktu. Video tersebut tidak hanya menyampaikan informasi bahkan mengedukasi secara praktek berkendara yang aman. Membuat video di youtube bukan hanya sekedar narsis dan asal upload tetapi kita harus bisa mengambil valuenya. 

Nah, kali ini kita akan belajar mengoptimalisasi video di youtube yang bukan hanya sekedar video biasa. Namun terlebih dahulu kita harus tahu kenapa mau beryoutube dan impeknya seperti apa. Sebelum memulai youtubers kita harus mengetahui strength (kekuatan dan kelebihan) dan weekness (kelemahan) suatu waktu kita harus menggali dulu kemampuan tersebut. Contohnya orang yang introvert dan ekstrovert akan sangat berbeda penanganannya untuk berbicara didepan kamera. Oleh sebab itu kita kenali diri sendiri dulu. 

Kali ini Madam Yonna  akan memberikan strategi tips yang ampuh membuat konten youtube dan bagaimana cara membuat konten berbasis video youtube sebagai berikut :

#1. Know Strength

Dalam membuat konten video kita harus bisa membedakan dan memilah apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan menggambarkan karakter kita. Kita harus bisa menggali kekuatan yang membangun kemauan dalam membuat youtube.

#2. Fokus

Harus fokus dan jekas tentang membuat channel youtubenya apa. Kita harus memiliki niche konten youtube dan fokus pada karakter channel yang membranding kita stay fokus pada niche. Kesalahan terbesar yang dilakukan orang didalam youtub adalah terlalu general terlalu luas.

#3. Clear Content

Jika membuat content harus jelas clear content sampai akhir video. Misalnya review BB Cream harus membahas tuntas supaya informasi sampai ke audiance dan sponsor. Youtube kita membutuhkan niche membahas tentang apa channelnya supaya tidak terlalu general dan kaku


#4. Target Audiance

Harus menentukan target audiance channel youtube kita lebih ke informasi kategori apa supaya bisa menyampaikan informasi kepada audience, supaya audience selalu penasaran dan menunggu update video berikutnya. 

#5. Watching Video

Uptodate informasi yang sedang hits award supaya audience tetap setia menonton video kita. Lakukan pengeditan video supaya tampilannya maksimal bagus. Dan kenapa harus menonton video sampai habis karena kita mempunyai karakteristik tersendiri meskipun sudah banyak mereview tentang kategori tersebut.


#6. Out Goal Google

Bagaimana caranya kita muncul di google?. Jika sudah tahu strength kita apa dan bagaimana mengaplikasikannya yakin pasti bisa menarik orang mengikuti omongan kita secara persuasif. Usahakan ketika tampil di video kita lebih energik dan semangat.

#7. Value

Channel kita harus ada valuenya video per video something give for people audience. Video harus memiliki value, bermacam-macam valuenya misalnya menginspirasi, infomasional, mendidik dan motivasional. Kita harus memberikan yang terbaik buat audience supaya mereka senang dan tersenyum melihat video kita.

Musuh utama seseorang dalam memulai itu adalah analisis dan perfeksionis. Karena kita akan vokus ke analisis dan perfeksionis oleh sebab itu do it independently lebih baik belajar sendiri. Pada youtube kita harus aware, alert dan mengetahui yang lagi hits dan kita harus bisa mendapatkan attention dari orang-orang. Misalnya Purbasari adalah kunci kulit sehat, lembut dan bercahaya. Bagaimana caranya memakai eyeliner, poundation dan makeup cantik.


#8. Youtube Search

Saat ini youtube adalah search engine terbesar kedua setelah google, oleh sebab itu banyak saat ini yang suka search by youtube. Kita harus mengerti apa yang paling banyak dicari audience maka content kita akan ditampilkan halaman utama youtube. 

#9. Consistency
 

Konsistensi sangat penting dan kita harus mempelajari analitiknya banyak yang pengen tahu tentang kita. Disiplin juga sangat diutamakan dalam membuat video youtube tidak mudah dalam merubah-ubah jadwal kecuali dalam kondisi genting. Setelah kita buat video dan sudah di edit usahakan upload satu video pertiap minggu secara konsisten supaya youtube mempromosikan dan mensuggestion video kita jika konsisten.

#10. Ready for Haters

Kita harus ready for haters ada yang kasih thumbs down, komen negatif dan tidak suka dengan content kita. Tetapi hal ini akan membuat haters menjadi moving motivasi lebih baik dan berubah. 

Ada dua langkah hustell video kita : 

  • Promosi, aktif dalam media sosial share ke semua platform media supaya semakin banyak yang viewers youtube kita.
  • In dates, berhubungan langsung dengan audience yang komen di video kita.

Selain itu kita bergabung dengan komunitas yang mendukung kategori konten kita aktif dalam berkomunitas. 
Nah, Bagaimana apakah kita sudah tertarik menjadi seorang Youtubers?. Sudah pasti sangat menginginkan hal tersebut karena kita sudah memiliki ilmu dan kunci-kunci sebagai Search Content vs Social Content dan optimalisasi Youtubers. Oleh sebab itu mari kondisikan waktu kita dalam membuat video di Youtubers dan tetap fokus pada content.

Terima Kasih

Email : tika.samosir07@gmail.com

FB : Tika Samosir

IG : @tikasamosir07

Twitter : @Tika54

Iklan

2 thoughts on “Optimalisasi Search Content vs Social Content dan Youtubers Content Menjadi Branding Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s