#BijakBersosmed ; Merdeka dengan Bijak, Bijak dengan Merdeka “Saring dulu baru Sharing”

Merdeka dengan Bijak, Bijak dengan Merdeka

Merdeka dengan Bijak, Bijak dengan Merdeka

 

Dunia serba teknologi digital saat ini sangat banyak flatform yang mendukung sosial media. Hampir semua kalangan dari anak-anak, remaja, pemuda/pemudi, orangtua bahkan bayi sekalipun memiliki akun sosial media. Berbagai macam fungsi dan interaksi terjadi pada sosial media. Tetapi yang menjadi permasalahan saat ini apakah kita sudah bijak dalam bersosial media?. Apakah kita sudah saring terlebih dahulu sebelum sharing ke sosial media?.

Gerakan #BijakBersosmed

Gerakan #BijakBersosmed

 

Segala sesuatunya ada dalam sosial media dibantu dengan kemudahan dalam mengakses melalui kanal internet browsing, chatting, game online, video youtube dan stalking akun-akun sosial media (facebook, instagram, twitter, path dan lain sebagainya). Tanpa disadari kita bisa terhanyut dalam sosial media dari sisi positif sampai sisi negatif yang mengakibatkan perpecahan bagi siapapun. Terkadang diluar kendali, sharing informasi belum tentu orang lain bisa menerimanya dengan baik malah bisa menimbulkan kebencian saling menghujat bahkan perang saudara.

Misalkan, kita terlalu sering nyinyir di sosial media mengenai masalah rumah tangga, sesama tetangga, teman dan sahabat yang tanpa disadari sudah menjadi bahan konsumsi publik dan otomatis seluruh dunia tahu. Apakah kita bangga seluruh dunia tahu akan masalah pribadi yang dishare pada sosial media?. Selain itu, kita lebih mudah peka terhadap berita-berita palsu dengan nama beken HOAX yang memancing pikiran untuk membahas, menyebarluaskan dan menanggapinya. Seharusnya sebagai pengguna sosial media kita harus menyaring atau memfilter serta mencari tahu sumber titik awal dari berita atau informasi tersebut sampai tahu apakah layak di share atau HOAX belaka.

 

Ibu Ripy Mangkoesoebroto Chief HR Office Indosat Ooredoo

Ibu Ripy Mangkoesoebroto Chief HR Office Indosat Ooredoo

Melalui gerakan #BijakBersosmed yang diadakan oleh Indosat Ooredoo saya hadir bersama teman dan semua kalangan pengguna sosial media peluncuran aksi gerakan #BijakBersosmed yang didukung oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi RI. Aksi gerakan #BijakBersosmed dengan sangat tegas diungkapkan oleh Chief HR Office Indosat Ooredoo Ibu Ripy Mangkoesoebroto mengatakan bahwa Indosat Ooredoo mendukung penuh gerakan campaign #BijakBersosmed sebagai pengguna sosial media harus mampu menciptakan terobosan inovasi baru memberitakan informasi dengan bijak dan menghargai perbedaan pendapat dengan cara santun dan bijak. Dengan peluncuran campaign #BijakBersosmed merupakan sebuah langkah awal menyampaikan dan menyebarluaskan informasi akurat, valid dan benar.

 

Bapak Samuel Abrijani P, Dirjen Aplikasi Informatika Menkominfo

Bapak Samuel Abrijani P, Dirjen Aplikasi Informatika Menkominfo

Mengingat saat ini banyak kalangan menghabiskan waktu dengan gadget menikmati sosial media dan kurang peka terhadap sekitarnya. Karena dunia teknologi digital sosial media merupakan gaya hidup masa kini dalam masyarakat yang menampilkan berbagai macam informasi menjadi sumber perantara kepada orang lain yang disampaikan oleh Bapak Samuel Abrijani P, selaku Dirjen Aplikasi Informatika Menkominfo. Turut hadir mengapresiasi gerakan campaign #BijakBersosmed mampu secara bijak menggunakan hak berekspresi di sosial media tanpa saling menjatuhkan, menghujat, menyinggung dan merugikan satu sama lain terlebih pada keberagaman politik di negara ini.

 

Mas Enda Nasution Koordinator gerakan campaign #BijakBersosmed

Mas Enda Nasution Koordinator gerakan campaign #BijakBersosmed

Koordinator gerakan campaign #BijakBersosmed Mas Enda Nasution mengemukakan dan mengajak untuk tetap selalu bijak dalam bersosial media baik membagi, menyikapi dan menupdate informasi yang benar. Melalui gerakan campaign #BijakBersosmed diharapkan tetap menjaga arus informasi yang ada tetap aman, baik, benar dan bijak. Bersosial media bukan mendatangkan musibah tetapi memperluas pengetahuan kita tentang informasi. Apalagi negara ini tahun-tahun mendatang kebebasan memilih dunia partai politik sampai pemimpin kita harus lebih bijak lagi dalam menyikapi perbedaan.

#BijakBersosmed

#BijakBersosmed

 

Oleh sebab itu, melalui #BijakBersosmed mari kita menyebarkan kebaikan, memberikatakan kebaikan dan menjauhkan hal-hal negatif dalam dunia sosial media. Jadikan sosial media menjadi sarana informasi yang valid, aman, benar dan bijak supaya pesan ini sampai kepada generasi-generasi yang akan datang. Karena kita akan menghadapi tahun-tahun yang akan datang pasti jauh lebih kejam karena sosial media digital itu sangat seram, jika kita tidak bisa mengatasinya dengan bijak #BijakBersosmed. Untuk lebih lengkapnya kunjungi home #BijakBersosmed di www.bijakbersosmed.id

IMG20170826163345

Ajakan dan himbauan untuk pengguna sosial media terutama untuk orangtua untuk tetap memantau perkembangan sosial media anak-anak kita supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sering terjadi belakangan ini. Memiliki akun-akun sosial media sah-sah saja tetapi harus tahu pemanfaatannya dan batasannya mari #BijakBersosmed. Mulai dari diri sendiri, Mulai dari sekarang, #BijakBersosmed.

Emak-emak #BijakBersosmed

Emak-emak #BijakBersosmed

 

Iklan

One thought on “#BijakBersosmed ; Merdeka dengan Bijak, Bijak dengan Merdeka “Saring dulu baru Sharing”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s